Pengunjung!!!!


Tugas Teknologi Informasi

Rabu, 01 Desember 2010


TEKNOLOGI INFORMASI

A.DEFINISI TEKNOLOGI INFORMASI
            Menurut (Turban,McLean,dan Wetherbe, 1999) istilah teknologi informasi untuk menjabarkan sekumpulan system informasi, pemakai, dan manajemen.
Pendapat ini menggambarkan teknologi dalam perspektif yang luas. Namun, kalau didasarkan pada definisi sistem informasi menurut Alter, teknologi informasi hanyalah bagian dari system informasi.
           
            Menurut kamus Oxford(1995), teknologi informasi adalah studi atau panggunaan peralatan elektronika, terutama computer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendristribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

            Secara umum Lucas (2000) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. Mikrokomputer, pembaca barcode, perangkat lunak pemroses transaksi, spreadsheet,dan peralatan komunikasi dan jaringan merupakan contoh dari Teknologi Informasi.

B.LINGKUP TEKNOLOGI INFORMASI
            Secara garis besar, teknologi informasi dapat dikelompokan menjadi 2 bagian yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras menyangkut pada peralatan-peralatan yang bersifat fisik, seperti memori, printer, dan keyboard.
Adapun perangka lunak terkait dengan instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan instruksi-intruksi tersebut.

C.PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI
            Peranan teknologi informasi pada akivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis, memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, operasi, dan manajemen organisasi. Berkat teknologi ini, berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh manusia.
Secara garis besar, dapat dikatakan bahwa :
·         Teknologi informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
·         Teknologi memerkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
·         Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-peubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.

Sumber : Resensi sendiri dari buku PENGENALAN SISTEM INFORMASI, pengarang Abdul Kadir.

9 komentar:

tika's blog mengatakan...

gaga arif p blog ee,..... :/

tika's blog mengatakan...

http://img291.imageshack.us/img291/6651/kompinterbingung.gif

ahahahhahahahahahhaha
bingung,.............

Unknown mengatakan...

hehehehe
bru bljr uty nou,,,
:k4

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

:malu

Unknown mengatakan...

:a

Unknown mengatakan...

:k4

Unknown mengatakan...

:a:

Unknown mengatakan...

:a: :k5 :i:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...